Manajemen Persis Ingin Animo Penonton Meningkat

 

Laskar Sambernyowo
Laskar Sambernyowo

SOLO–Laskar Sambernyawa akan menggelar laga uji coba kedua di Stadion Manahan, Solo, Jumat (27/6). Kali ini Persis Solo kedatangan tamu asal Jawa Timur yang sama-sama berkompetisi di Divisi Utama (DU), PS Mojokerto Putra (MP).
Dalam laga kali ini, manajemen Persis berharap animo suporter akan jauh lebih tinggi dibanding laga uji coba saat melawan tim Legiun Asing, Selasa (24/6) .
Kala melawan tim Legiun Asing yang bermaterikan para pemain asal Afrika, seperti striker Mitra Kukar (Herman Dzumafo Epandi), jumlah penonton terbilang sangat minim. Penonton dalam laga itu hanya berjumlah sekitar 3.000 orang, dengan total pendapatan hanya mencapai Rp64 juta. Dengan pendapatan senilai itu, manajemen pun mengaku merugi. Jumlah kerugian ditafsir mencapai Rp50 juta.
Sapto Joko Purwadi selaku sekretaris manajer Persis, mengaku pendapatan yang diterima Persis tak sesuai dengan besarnya pengeluaran yang harus ditanggung. “Pendapatan kami hanya Rp64.960.000. Itu jika dikurangi biaya operasional, termasuk membayar keamanan, ditambah match fee Legiun Asing sebesar Rp30 juta plus biaya akomodasi dan transportasi, maka kami rugi sekitar Rp50 jutaan,” beber Sapto saat dijumpai di Balai Persis Solo, Rabu (25/6).
Sapto mengaku ada beberapa hal yang membuat uji coba melawan Legiun Asing kurang diminati. Selain kurangnya publikasi, tim Legiun Asing kurang memiliki nilai jual. “Kemarin memang kami kurang publikasi karena simpang siur kepastian laga. Makanya saat ini dengan jadwal yang sudah pasti, kami lebih gencarkan publikasi melalui bantuan rekan-rekan media,” imbuh Sapto.
Sapto menambahkan saat ini pendapatan dari tiket uji coba memang sangat dibutuhkan oleh manajemen. Keuntungan dari penjualan tiket sangat berguna untuk menopang keuangan tim, yang saat ini tengah menjalani libur jeda kompetisi selama hampir dua bulan.
Sementara itu, pelatih Persis, Widyantoro, lebih fokus mengambil keuntungan dari sisi lain. Laga tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kembali performa timnya. Saat melawan Legiun Asing, performa Persis terlihat kurang maksimal setelah lama libur dan banyak melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi.
“Besok [lawan PSMP] saya akan setting pemain seperti saat kompetisi,” ujar Wiwid, sapaan Widyantoro.
Pernyataan Wiwid itu mengindikasikan Persis akan tampil dengan kekuatan inti saat menjamu anak asuh Jamal Yustro yang menghuni Grup 7 Divisi Utama itu dan hanya akan melakukan rotasi seperlunya, kemungkinan hanya tiga orang selama 2 x 45 menit.

Related posts

Comments are closed.