Costa Rica pimpin group D

Solo – Kejutan juga terjadi di group D Piala Dunia 2014, tim UnderDog Costa Rica memastikan lolos kebabak selanjutnya setelah mengalahkan tim unggulan Italy 1-0 melalui goal yang dicetak oleh Briand Ruiz pada menit ke 44.
Tampil dengan formasi ideal 4-1-4-1 dengan Mario Balotelli sebagai ujung tombak, Italy agak kesulitan menembus pertahanan Costa Rica yang memasang 5 Bek sejajar. Terbukti dimenit ke 7 Costa Rica lebih dulu mendapat peluang lewat sundulan Borges yang masih diatas gawang setelah memanfaatkan Corner Kick. Pressing ketat Costa Rica membuat pemain tengah Italy yang dikomandoi Andrea Pirlo sulit untuk mengembangkan permainan, Italy mencoba inisiatif tembakan dari luar kotak penalti dimenit ke 26 namun tendangan Thiago Motta jauh melebar. Baru dimenit ke 30 Azzurri mendapat peluang emas, berawal dari Long Ball Pirlo kedepan gawang, Balotelli yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang tidak bisa memanfaatkan menjadi goal setelah chip bolanya masih lemah dan menyamping. Selang 2 menit, lagi-lagi lewat skema serangan yang sama tendangan keras Super Mario tepat dipelukkan Keylor Navas.

Costa Rica yang juga mengincar kemenangan untuk mengamankan tiket 16 besar, kembali mengancam lewat sepakan keras Cristian Bolanos dimenit ke 36. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Costa Rica setelah Kapten Briand Ruiz menjebol gawang Buffon dipenghujung babak pertama setelah menerima Crossing cantik dari Junior Diaz. 1-0 bertahan hingga turun minum.
Mengawali babak kedua Italy lebih menyerang setelah masuknya Antonio Cassano. Namun Costa Rica yang kembali memberi Pressing ketat kepada pemain Italy, sehingga Balotelli yang diplot sebagai striker tunggal jarang mendapat support dari second line. Peluang pertama dibabak kedua dibuat oleh Darmian pada menit ke 50 melalui tendangannya yang masih dapat di tips oleh Navas, kemudian Freekick Andrea Pirlo dimenit ke 52 masih diblock penjaga gawang. Costa Rica lebih mengandalkan serangan balik cepat mengancam lewat sepakan Borges semenit berselang namun tendangannya masih bisa diamankan.

Cesare Prandelli ingin timnya segera menyamakan kedudukan dengan memasukkan Lorenzo Insigne dan Alessio Cerci untuk menyisir sisi sayap dan memberi Crossing kepada Balotelli masih belum membuahkan hasil karena barisan pertahanan Costa Rica bermain sangat disiplin. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Enrique Osses, Costa Rica unggul 1-0 dan memastikan satu tempat di babak 16 besar.

Sementara Italy harus melaksanakan pertandingan hidup mati melawan Uruguay pada Match day ke 3 pada (24/6) mendatang.

#Wahyu

 

Related posts