Belanda Balaskan Dendam Kesumat Kepada Spanyol 5-1

belanda

Pendukung Spanyol tercengang ketika menyaksikan tim kesangan mereka tunduk dengan belanda dengan skor cukup telak Pertandingan perdana grup B ajang bergengsi piala dunia sepak bola (World Cup) 2014 di Brasil   yang digelar di stadion Salvador.

Spanyol sempat unggul lebih dulu melalui hasil Eksekusi pinalti Xabi Alonso (14). Antisipasi penjaga gawang  Belanda Jasper Cillessen dengan gerakan tepat, tapi bola meluncur lebih cepat. Gol ini terjadi akhibat ganjaran pinalti. Hukuman penalti berawal dari umpan terobosan Xavi yang dikejar Diego Costa. Costa kemudian mencoba melewati Stefan de Vrij. Wasit Nicola Rizzoli menilai Costa terjatuh karena berkontak fisik dengan De Vrij dan menunjuk titik putih. Belanda pun tertinggal lebih dulu pada menit ke-27 Belanda baru bisa menyamakan kedudukan sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-44.  Melalui Aksi penyerang sekaligus kapten tim,  Van Persie menuntaskan umpan lambung Dalay Blind dari hampir separuh lapangan dengan sundulan sambil meloncat. Casillas pun hanya bisa terdiam menyaksikan bola meluncur mulus ke dalam gawangnya.

Daley Blind kembali menjadi arsitek terciptanya gol kedua Belanda pada menit ke-48. Lagi-lagi umpan lambung Blind dari sisi kiri berhasil menghadirkan gol untuk Belanda. Umpan lambung pemain Ajax Amsterdam itu diterima Robben di ujung kotak penalti dengan kaki kirinya sambil melompat. Dibayangi Gerard Pique, Robben menggeser bola ke kiri dengan kaki kanannya. Begitu mendapat ruang tembak, pemain Bayern Muenchen tersebut melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Sergio Ramos yang berusaha mengeblok bola justru sedikit membelokkan arah bola setelah mengenai kakinya.

Perandingan pada babak ke dua berjalan sangat seru ketika belanda lebih banyak menguasai bola. Pada menit ke 52, umpan panjang dari sisi kanan pertahanan spanyol, diterima oleh Robben fengan kaki kiri dan dengan satu dua sontekan Arjen  Robben (11) berhasil menembus gawang spanyol dan Belanda unggul 2-1. Stefan de Vrij membayar kesalahannya pada menit ke-64 melalui sundulan yang memperbesar keunggulan De Oranje menjadi 3-1. Gol De Vrij tercipta berkat tendangan bebas  Rubben dari area kanan pertahana Spanyol. Bola hasil tendangan Robben melengkung mulus ke tiang jauh.  Penjaga gawang Spanyol yang bergerak ke depan tidak mampu menjangkau bola. Kiper Real Madrid itu bertabrakan dengan  Van Persie yang bermaksud menyundul bola. Sebelum melewati garis lapangan, bola mendarat di kepala De Vrij yang lolos dari kawalan pemain Spanyol. Bagi Stefan de Vrij, gol tersebut merupakan gol pertamanya untuk tim nasional Belanda.

Iker Casillas harus membayar mahal blundernya. Kesalahan Casillas membuat Belanda memperbesar keunggulan sementara menjadi 4-1 melalui gol Van Persie pada menit ke-72. Kesalahan Casillas berawal ketika menerima back pass dari Jordi Alba. Casillas gagal mengontrol bola itu secara baik sehingga memantul jauh dari kakinya.  Van Persie  yang berlari mendekati Casillas kemudian mampu mencuri bola. Casillas sempat menjegal RvP dengan kakinya, namun tidak maksimal. RvP kemudian menyontek bola ke gawang kosong dengan kaki kirinya. Gerard yang berusaha menutup ruang tembak terlambat.

Balas dendam kesumbat pun semakin gencar dilakukan tim Belanda saat Arjen Robben membuat Spanyol terlihat seolah bukan juara bertahan melalui gol keduanya pada menit ke-80 yang memperbesar keunggulan Belanda menjadi 5-1. Robben mencetak gol keduanya melalui aksi individual dari separuh lapangan ketika Belanda melakukan serangan balik. Dari separuh lapangan Robben menggiring bola dan tidak mampu dikejar Sergio Ramos.

Skor 5 -1 ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Belanda sukses dalam missi balas dendam pada World Cup 2014 di Brasil ini.  Dengan hasil 5 – 1 ini, Belanda menempati puncak kalasemen group B, sementara kesebelasan Spanyol terpuruk pada dasar kalasemen grup B. Sementara itu, Meksiko yang mengusai pertandingan meraih kemenangan tipis 1-0 atas Kamerun pada penyisihan Grup A di Arena Das Dunas, Natal, Jumat(13/6). Dengan kemenangan itu, Meksiko menguntit Brasil diperingkat kedua Grup A.

Related posts