Mendikbud Resmikan Pameran Mobil Listrik Nasional

Jakarta, 29 April 2014-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan Pameran Mobil Listrik Nasional (Molina) buatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di Lantai 1 fX Lifestyle X’nter Sudirman, Jakarta.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Djoko Santoso dan Rektor ITS, Triyogi Yuwono pun turut bersama Nuh dalam pembukaan pameran yang digelar 29 hingga 30 April 2014.

“Kita minta betul kawan-kawan basis riset untuk menguasai teknologi, desain sistem sampai penguasaan teknologi komponen, baru diterjemahkan ke realisasi desain,” ujar Nuh. Menurutnya, yang utama adalah penguasaan teknologi terlebih dahulu. Kemudian baru bagaimana aplikasinya untuk membantu kehidupan masyarakat Indonesia.

“Secara teknologi nggak ada yang baru dalam sistem,” ucap Nuh. Namun mantan rektor ITS ini mengungkapkan konsep Molina ini harus baru. “Esensinya antara BBM dan non BBM,” tambah mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) ini.

Selain ITS, Molina pun dikembangkan UI, ITB, UNS dan UGM. ITS lebih dulu berhasil merampungkan Molina. Nuh berharap dengan pameran ini, perguruan tinggi lain terpacu untuk segera merampungkan Molina versi yang mereka kembangkan.

Pada 2 Mei 2014 mendatang, bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Molina akan tur Jakarta-Surabaya. Acara bertajuk “Tour de Java” ini sekaligus menguji Molina. “Perjalanan 900 km ini kita pakai untuk mengevaluasi tentang ketahanan, kekuatan, kegigihan, keandalan dari mobil ini itu apa saja,” ungkap Nuh.

Selain Molina Ezzy ITS I dan Ezzy ITS II, “Tour de Java” juga akan diramaikan oleh Mobil Sapu Angin Surya dan Mobil Hemat Energi ITS Lowo Ireng. Mobil Sapu Angin Surya merupakan satu-satunya peserta asal Indonesia yang berlaga dalam “World Solar Challenge Australia” lalu. Source:dikti.go.id

Related posts