Suka mendengarkan musik? Ini 5 manfaat kesehatannya

Mendengarkan musik mempunyai efek penyembuhan. Para peneliti telah membuktikan bahwa musik memiliki kekuatan untuk menyembuhkan kesehatan tubuh Anda baik secara fisik maupun psikologis. Tak peduli jenis musik apapun, setiap musik yang didengarkan mempunyai kekuatan penyembuhan.



Berikut adalah manfaat utama mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari magforwomen.com.



Musik membantu mengurangi rasa sakit fisik

Penelitian menunjukkan bahwa musik mampu membuat orang lebih kuat dalam menahan rasa sakit. Musik dapat mengurangi nyeri fisik yang diderita seorang pasien.



Musik membuat orang untuk makan lebih sedikit

Ketika musik lembut dimainkan, maka orang akan cenderung untuk fokus pada apa yang mereka makan dan berapa banyak yang mereka makan. Sebaliknya orang akan cenderung makan lebih banyak ketika mendengar musik yang menggembirakan.



Musik meningkatkan fungsi pembuluh darah

Penelitian menemukan ketika Anda mendengarkan musik yang bahagia maka secara fisiologis fungsi pembuluh darah Anda akan meningkat. Sehingga terjadi peningkatan aliran darah menuju jantung. Akibatnya tubuh pun akan menjadi lebih sehat.



Membuat tidur nyenyak

Ketika Anda sedang tidak bisa tidur atau insomnia menyerang, cobalah untuk mendengarkan musik yang lembut. Musik tidak hanya akan membuat Anda cepat tertidur, namun juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.



Memperbaiki mood dan mengurangi depresi

Mendengarkan musik sejak lama dikenal bermanfaat untuk memperbaiki mood atau suasana hati Anda. Segala macam stres dan depresi pun akan langsung hilang. Saraf Anda akan tenang dan membantu otak mengirimkan sinyal positif bagi tubuh.



Mendengarkan musik tidak hanya hobi yang menyenangkan namun juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda baik secara fisik maupun mental. Source: merdeka.com

Related posts