Injeksi Protein untuk Sembuhkan Parkinson – Ilmuwan dari Inggris mengklaim berhasil menemukan cara ampuh ini

Sampai saat ini belum ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit parkinson. Tapi, tim ilmuwan dari Bristol, Inggris, mengklaim berhasil menemukan cara untuk menghentikan penyakit parkinson, yaitu dengan cara implan otak.

Melansir Softpedia, Minggu 13 Oktober 2013, parkinson merupakan salah satu penyakit degeneratif yang menganggu saraf. Gejalanya badan gemetar, otot kaku, gerakan melambat, sampai sulit berjalan.

Tim peneliti mengungkapkan sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan. Namun, sekarang sudah ada cara untuk menghentikan menjalarnya kerusakan saraf akibat parkinson.

Tim peneliti juga menyampaikan untuk menghentikan panyakit parkinson adalah implan otak dengan menyuntikkan cairan protein Glial cell line Derived Neurotrophic Factor (GDNF) ke dalam otak.

Cara memasukkan cairan protein itu dengan memasukkan kateter atau tabung yang ditanam di belakang rongga telinga. Nantinya cairan protein dimasukkan ke dalam tabung dan dipompa masuk ke dalam otak.

Saat ini sudah ada enam pasien parkinson yang sedang menjalani pengujian implan protein ke otak. Tujuannya protein ini dapat mendorong pertumbuhan sel-sel saraf baru yang telah rusak.

“Pengobatan ini memang tidak menghentikan parkinson secara keseluruhan dan masih dalam tahap percobaan. Tapi, kami yakin protein mampu memperbaiki sel-sel yang rusak,” kata Dr Kieran Breen, Direktur Riset di Parkinson UK.

Breen menambahkan, protein GDNF juga dipercaya mampu digunakan untuk mengobati penyakit Alzheimer.

“Kami percaya GDNF memiliki potensi untuk mengobati parkinson dan Alzheimer. Protein itu dapat memperlambat kerusakan sel dan dalam waktu lama akan memperbaiki keseluruhan sel di dalam otak,” ujar Breen. Source:vivanews.com

Related posts