Cegah penyakit malaria dengan mengenali 8 gejalanya

Selain demam berdarah, malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang paling umum terjadi. Nyamuk penyebab malaria mudah ditemukan di tempat tropis, salah satunya adalah Indonesia.

Berbeda dengan penyakit lainnya, begitu Anda terjangkiti penyakit ini maka virus dari penyakit ini akan kambuh ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Berikut adalah beberapa gejala malaria yang perlu Anda kenali seperti dilansir dari boldsky.com.

Demam tinggi
Bila Anda sakit malaria, Anda tidak akan pernah terkena demam ringan. Suhu demam Anda akan meninggi di hari pertama demam. Bahkan dapat menyebabkan demam otak.

Menggigil
Selain demam, menggigil juga merupakan gejala lain dari malaria.

Sakit kepala
Sakit kepala ketika terkena penyakit malaria disebabkan karena virus yang kemudian menginfeksi otak.

Muntah
Bila kondisi Anda telah begitu parah, maka Anda pun tidak dapat menelan makanan apapun. Anda akan memuntahkan setiap makanan yang Anda makan.

Keringat dingin
Apabila Anda sedang tidak demam, tubuh Anda dapat mengeluarkan keringat dingin dan juga menggigil.

Mudah lelah
Penyakit malaria mampu menguras ketahanan fisik Anda. Anda dapat merasa lemah dan mudah lelah. Hal ini dapat berlangsung berminggu-minggu bahkan setelah demam Anda hilang.

Batuk kering
Batuk kering juga dapat menjadi tanda dari penyakit malaria. Namun karena penyakit ini mampu merampas cairan tubuh Anda, maka batuk yang terjadi adalah jenis batuk kering.

Sakit otot
Kesehatan otot Anda pun dapat terganggu karena penyakit malaria. Virus dari malaria akan menarik semua cairan di otot dan membuat otot Anda nyeri.

Itulah beberapa gejala malaria yang harus Anda kenali dan waspadai. Mewaspadainya merupakan salah satu tindakan preventif agar Anda dapat menghindarinya.Source:merdeka.com

Related posts