2 Pendaki Tewas dan 10 Orang Hilang Terkena Longsor Salju di Everest

Kathmandu – Dua orang pendaki gunung tewas dan 10 orang belum ditemukan dalam peristiwa longsornya salju di pegunungan Everest, Nepal. Peristiwa itu terjadi tadi pagi saat para pendaki hendak menuju puncak Everest. Evakuasi sampai saat ini masih terus dilakukan.

Pejabat dari Kementerian Pariwisata Nepal, Tilak Pandey Ram, mengatakan para pendaki yang terkena longsorang itu sebagian besar warga Nepal. Jumlah rombongan mereka sekitar 50 orang.

“Mereka terkena longsoran salju yang jatuh dari ketinggian lebih dari 20 ribu kaki,” kata Tilak Pandey, seperti dikutip dari CNN, Jumat (18/4/2014).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya telah mengirimkan Tim SAR untuk menemukan korban yang terkena longsoran itu. Helikopter juga diturunkan untuk membantu evakuasi korban. Kemungkinan besar, masih ada yang selamat dari 10 orang hilang itu.

“Para tim penyelamat telah dikerahkan untuk mencari mereka yang belum ditemukan,” ucapnya.

Perisitwa longsor itu terjadi di sebuah tempat yang biasa dijadikan camp oleh para pendaki. Tempat itu biasanya dijuluki oleh para pendaki dengan nama ‘Lapangan Popcorn’

Sebelumnya pemerintah Nepal telah mengetatkan perizinan untuk mendaki di pegunungan Everest. Terlebih lagi, saat bulan Mei, pendaki di pegunungan tersebut sangat padat. Sampai saat ini sekitar 300-an pendaki telah mendapat izin untuk mendaki Everest untuk bulan Mei.

Source: http://www.detik.com/

Related posts